Study Banding Akademi Imigrasi ke Akademi Angkatan Laut Surabaya

Bumimoro, 2 Oktober 2009

AIM visit AAL 2009

AIM visit AAL 2009

            Untuk kedua kalinya Akademi Imigrasi mengunjungi Akademi Angkatan Laut (AAL) di Surabaya. Setelah sebelumnya pada tahun 2006, taruna Akademi Imigrasi angkatan IX melakukan study banding ke AAL, pada kesempatan kali ini hanya direktur, staf dan pembina saja yang melakukan kunjungan. Kunjungan ini bertujuan selain untuk bersilaturahmi juga untuk bertukar informasi mengenai sistem pendidikan yang ada di masing-masing akademi. Dengan diterima oleh Wagub AAL Brigjen TNI (Mar) Baharudin, S.E rombongan dari Akademi Imigrasi dengan dipimpin oleh Direktur Akademi Imigasi, DR. Ferdinand Siagian,SH.,MM diterima dengan baik di  Bumimoro Surabaya.

            Seperti yang kita  ketahui bersama bahwa AAL membutuhkan 4 tahun masa pendidikan untuk bisa menjadi seorang perwira AL dengan status pendidikan yang setara dengan S1. Berbeda dengan Akademi Imigrasi yang hanya membutuhkan masa pendidikan selama 3 tahun untuk bisa menjadi Pejabat Imigrasi tetapi dengan status pendidikan yang hanya setara dengan D3. Hal inilah yang diharapkan pihak akademi agar nantinya status Akademi Imigrasi dapat ditingkatkan menjadi Sekolah Tinggi dan lulusannya bisa langsung mendapatkan gelar S1.

            Dalam beberapa hal, terdapat beberapa kesamaan didalam sistem dan metode pendidikan antara Akademi Imigrasi dan AAL. Salah satunya yaitu dalam metode pendidikan yang dibagi menjadi 3 (tiga) cara yaitu pengajaran, pelatihan dan pengasuhan. Perbedaannya hanya di bobot penilaiannya saja. Jika di Akademi Imigrasi penilaiannya adalah 50% untuk pengajaran, 20% untuk pelatihan dan 30% untuk pengasuhan. Sedangkan di AAL, bobotnya adalah 40 % untuk pengajaran, dan masing-masing 30% untuk pelatihan dan pengasuhan.

            Namun pada intinya tujuan dari pendidikan dimanapun tetaplah sama yaitu menghasilkan perwira (lulusan) yang tanggon, tanggap dan trengginas. Semoga dunia pendidikan semakin baik dari hari  ke hari agar selalu bisa menghasilkan lulusan yang sesuai dengan harapan pula. Tersimpan besar harapan kepada  Departemen Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia untuk bisa menerapkan proses rekrutmen yang bisa menghasilkan input yang berkualitas untuk Akademi Imigrasi dan juga Akademi Ilmu Pemasyarakatan (AKIP) yang notabene adalah penerus generasi pimpinan dilingkungan Departemen Hukum dan HAM RI tentunya.

 
AIM visit AAL 2006

AIM visit AAL 2006

 

* berita mengenai kunjungan ini bisa dilihat juga disini, disana, disitu, dimari atau disini dan juga ini 🙂 banyak juga ya ternyata yang masukkin berita ini di harian mereka, termasuk websitenya TNI juga..🙂

Tags: , , , ,

3 Responses to “Study Banding Akademi Imigrasi ke Akademi Angkatan Laut Surabaya”

  1. Yehezkiel Djami Says:

    Bangga bisa ke AAL dan bertemu dengan cadet, mengetahui kegiatan mereka sehari-hari yang ternyata ga jauh beda dengan kehidupan dengan di AIM. Mudah-mudahan dengan adanya study banding seperti ini kualitas AIM semakin meningkat

  2. El Says:

    semoga status Akademi Imigrasi kedepannya dapat ditingkatkan menjadi Sekolah Tinggi dan lulusannya bisa langsung mendapatkan gelar S1….
    jia you aim>>>

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: