CONTOH berkas pendaftaran Akademi Imigrasi

Menanggapi banyaknya pertanyaan yang masuk mengenai contoh berkas surat lamaran/lainnya, di postingan ini saya masukkan contoh surat lamaran dan surat pernyataan..tapi harus diingat ini hanya contoh saja (secara garis besar saja) dan bukan merupakan suatu standar baku penulisan.

Penulisan surat ditulis tangan dan dengan tinta hitam

 

                                                                                                                                     

surat lamaran

 

surat pernyataan 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Untuk pengiriman berkas, jangan sekali-kali mengirimkan berkas asli (ijazah, kartu kuning, akte kelahiran, transkrip nilai,SKCK) karena berkas asli dibutuhkan pada saat pengambilan nomor ujian. Sebelum dikirim dengan amplop pos berkas terlebih dahulu dimasukkan ke dalam map berwarna BIRU.

Sebelum dikirim, jangan lupa untuk dicek kelengkapan berkasnya ya..

  • surat lamaran kepada Menteri Hukum dan HAM RI
  • Fotokopi ijazah terakhir dan daftar nilai yang dilegalisir (1 lembar) dn menunjukkan ijazah asli serta foto kopi ijazah SD dan SMP tanpa legalisir dan menunjukkan asli
  •  Surat keterangan berbadan sehat dari dokter pemerintah
  • Fotokopi SKCK yang masih berlaku dan menunjukkan aslinya
  • Fotokopi akte kelahiran dan menunjukkan aslinya
  • Surat keterangan belum menikah yang diketahui oleh Lurah/Kepala Desa setempat
  • Surat pernyataan yang ditandatangani oleh orang tua/wali dan pelamar yang berisi pernyataan meliputi : sanggup tidak menikah selama pendidikan dan sanggup mengganti biaya pendidikan apabila melanggar perjanjian ikatan dinas
  • Fotokopi kartu kuning dari Depnakertrans , dan menunjukkan aslinya
  • Pas photo berwarna dasar merah berukuran 3×4 dan 4×6 masing-masing 2 lembar

 

Good Luck and don’t forget to pray, May Allah bless Us in every single step We make.. :)

 

 

About these ads

Tags: , , , , ,

24 Responses to “CONTOH berkas pendaftaran Akademi Imigrasi”

  1. indra dipraja Says:

    mau tanya kalo transkrip nilai trakhirnya itu raport yang kelas 3 apa nilai ujian nasional?

    • akademiimigrasi Says:

      untuk transkrip nilai terakhir (berdasarkan pengalaman tahun2 sebelumnya) nilai UAN yah,,karena kan yang dijadikan patokan persyaratan rata2 nilai UAN min 6..

  2. denny Says:

    mau tanya nih..
    untuk surat prnyataan yang snggup mgganti sluruh biaya slama pndidikan apbila mlanggar itu di lampirin breng brkas”lainnya wktu pndftaran ga???

    • akademiimigrasi Says:

      untuk surat pernyataan yang dimaksud, seperti yang tercantum di persyaratan pendaftaran, tertulis “diserahkan setelah diterima menjadi taruna AKIP-AIM”.

      merujuk ke ketentuan diatas, berarti ga dilampirin ya.. :)

  3. reyza Says:

    kak berkas yang aslinya kaya ijazah trus akte aslinya ?..dikasihnya kapan?..trimakasih

    • akademiimigrasi Says:

      berkas asli dibawa waktu pengambilan kartu ujian..
      penjelasannya ada di postingan “Pendaftaran Calon Taruna AKADEMI IMIGRASI 2009″
      check it out y..

  4. Aninnda Tyara Says:

    ka’ ak mo tanya,.
    d bawah penulisan “mentri hukum dan HAM RI” itu d tulis “di tempat ” gt ato ada alamatnya sih ka’

    klo aku harus nulis alamatnya,.
    ak minta tolong dong ka’
    kasih tau alamatnya..

    maap klo banyak nanya,.
    makasih sbelumnya..

    • akademiimigrasi Says:

      memang ga ada alamatnya dek, saya rasa ga ada masalah untuk penulisan tempatnya karena tidak ditentukan juga didalam persyaratan.
      jadi bisa ditulis di-tempat atau di-jakarta.

      semoga membantu ya..

  5. tiara Says:

    mas , tanya dong . .
    saya kan sby , tuh kalo daftar cukup scra online aja atau sya juga hrus ke depkumham d sby ?
    trima ksih

    • akademiimigrasi Says:

      untuk yang dari daerah, seperi tiara di surabaya berarti daftarnya lewat kanwil jawa timur ya. datang langsung dengan bawa berkas2nya..

  6. Aninnda Tyara Says:

    Ka’ sorry q tanya lgi,.

    Buat pendaftaran calon taruna AIM jg pake kartu kuning kn ka’,?!
    Nah it dsertakan d berkas pas daftar ke kanwil ato bsok stlah d trima aj,?!

    Sblumnya mkasih bgt bwt pnjelasannya ka’,.

    • akademiimigrasi Says:

      iiya pake kartu kuning, tapi jangan dikirim yang aslinya ya, kan yang aslinya dibutuhkan untuk pengambilan kartu ujian

  7. nenden.nenden Says:

    aku dari bogor.daftarnya di kanwil apa online ??
    kanwil mana ?

    • akademiimigrasi Says:

      bogor itu masuknya ke kanwil jawa barat, tapi saya pernah tanya ke departemen katanya ga masalah juga kalo daftar lewat websitenya.

  8. Aninnda tyara Says:

    Ka’ bsk tgl 15 ak dsuruh k kanwil buat liat pengumuman,.
    Tapi ak juga disuruh bikin no kartu peserta buat tes samapta,.
    Berarti kmungkiman besar,bsk tgl 15 it ak ikt tes dong ka’,?! Tesnya it pake baju olahraga kan ka’,?!

  9. leo Says:

    Akhirnya w sukses juga bang daftar online,^^
    meskipun lewat perjuangan 45 tpi sukses, tinggal kirim pos deh?
    mudah2an dengan perjuangan berat ini bisa lolos tes administrasi…..
    “MERDEKA SEMUANYA”

  10. kesuma Says:

    ka…kartu kuning tu apaan y?

  11. agung Says:

    kk mao nanya. kapan pendaftaran dibuka??
    aku dari bengkulu. pengen daftar nya selain online dimana?

  12. zack Says:

    kalo sdh diterima di AIM apa aj syarat yang dibawa untuk daftar ulang

    • akademiimigrasi Says:

      persyaratan dan ketentuan yang harus dibawa ketika sudah lulus, ada di pengumuman website depkumham..
      or maybe in the next post here ya..

  13. akademiimigrasi Says:

    belum ada info lebih lanjut….tapi mungkin sekitaran bulan september atau oktober

  14. akademiimigrasi Says:

    biaya pendidikan akademi imigrasi dari pemerintah karena termasuk dalam sekolah pemerintahan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: